Android Sebagai Pengganti Speaker Komputer

Mungkin ada saatnya speaker di komputer ngadat dan tidak mengeluarkan suara. Jika Anda ingin memeriksa letak permasalahannya, Anda bisa mencoba menggunakan smartphone Android sebagai pengganti sementara speaker tersebut. Cara ini juga bisa Anda lakukan jika hendak mendengarkan audio pada komputer dari jauh tanpa menggunakan kabel. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan smartphone Android menggunakan aplikasi Soundwire. Selain mengirim suara audio dari komputer berbasis Windows dan Linux, Soundwire juga bisa mengendalikan atau mengatur volume secara langsung dari smartphone. Pastikan smartphone dan komputer tersebut berada dalam satu jaringan nirkabel yang sama. Berikut cara mengaktifkannya:

Langkah 1

satu

Unduh dan pasang aplikasi Soundwire Server di komputer. Untuk mendapatkan alamatnya, Anda bisa mencari di Google dengan kata kunci ‘download Soundwire Server’. Selain untuk Windows, aplikasi ini juga tersedia untuk Linux sehingga bisa digunakan pula pada sistem operasi tersebut.

Langkah 2

dua

Unduh dan pasang Soundwire (free version) di Android melalui Google Play.Pastikan bahwa aplikasi dibuat oleh Georgielabs.

Langkah 3

tiga

Jalankan aplikasi pada PC. Jika ada pertanyaan dari Firewall, klik Allow access. Setelah masuk, otomatis aplikasi ini akan menampilkan alamat server yang berguna untuk menghubungkan ke jaringan melalui smartphone. Pertama-tama Anda akan mendapati status ‘Disconected’ karena belum terhubung dengan smartphone. Selain itu Anda akan mendapati pilihan konfigurasi Audio Output dan Input Select yang bisa diabaikan karena akan terdeteksi secara otomatis. Fungsi lain yang disediakan disini adalah kemampuan untuk merekam audio ke format file MP3 dan WAV.

Langkah 4

empat

Jalankan Soundwire di Android. Anda bisa menekan logo besar Soundwire untuk mendeteksi jaringan secara otomatis agar langsung terhubung. Jika tidak bisa, isi kolom Server dengan alamat IP yang tertera pada Soundwire di PC.

Langkah 5

lima

Jika langkah 4 berhasil, maka tampilan Soundwire Server di PC akan menunjukkan status ‘Connected’. Artinya kamu sudah bisa menjalankan audio melalui smartphone. Nantinya seluruh audio yang dijalankan dari PC akan bisa didengarkan melalui smartphone memanfaatkan koneksi WiFi yang memiliki jangkauan lebih jauh dibanding melalui kabel.

Semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.pcplus.co.id/2014/07/tutorial/manfaatkan-perangkat-android-sebagai-pengganti-speaker-komputer/

Komentar anda merupakan tolak ukur, Terimakasih sebelumnya atas komentar yang anda berikan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s