5 wejangan ngetwit untuk pemula

Anda Pernah mendengar Twitwar? kalau anda masih ingat kasus artis yang bertengkar masalah pribadi mereka di twitter itu adalah termasuk twitwar. Saya sendiri baru membaca kata twitwar di satu artikel pada halaman web http://www.sudutpandang.com. Dalam artikel tersebut penulis @nukman (Nukman Luthfie), memberikan lima wejangan bagi anda yang baru belajar Twitter (termasuk saya @a_darmin), agar tidak terlibat talam twitwar (perang twit) yang justru akan merugikan anda sendiri.1. Twitter itu ranah publik. Bukan privat. Risikonya: jika kita menghina orang lain (mesti tak sengaja) bisa saja dituntut  pencemaran nama baik.

2. Karena Twitter itu ranah publik, terapkan etika-etika di offline ke Twitter juga. Jika menghina orang lain di depan umum dianggap tidak etis misalnya, jangan lakukan di Twitter.

3. Karena keterbatasan 140 karakter, Twitter bukan media yang ideal untuk berdebat. Salah paham dan kehilangan konteks sangat mudah terjadi di sini.

4. Berbeda dengan pertengkaran lisan yang akan hilang bersama waktu dan lupa, twitwar akan tercatat meski bisa saja dihapus.  Namun jika terlanjur di RT, di-favoritkan, atau di-capture orang lain, akan tercatat selamanya.

Menurut @nukman tidak semua twitwar itu berakibat buruk, kalau yang di bicarakan menyangkut masalah pribadi, tetapi yang berkaitan dengan kepentingan umum, misalnya memperjuangkan etika akademik, meningkatkan mutu pendidikan, ekonomi dan lainnya.  Sepanjang kita ahli di bidangnya, twitwar itu mengasah logika dan kepekaan. Jika kita bukan ahlinya, lebih enak jadi penonton,  menikmati seni twitwar dan dapatkan ilmunya dari situ.

Komentar anda merupakan tolak ukur, Terimakasih sebelumnya atas komentar yang anda berikan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s