Mengamankan Passwod Dengan Mudah

Menurut wikipedia Password adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut.

Untuk mengamankan password mungkin tips ini bisa sedikit membantu.

  • Jangan menggunakan informasi pribadi. Rincian seperti nama istri Anda, tanggal lahir anak Anda, nama pacar anda adalah informasi yang dapat dipelajari melalui percakapan santai atau ditemukan dengan pencarian Google yang sederhana.
  • Mix it Up. Jangan menggunakan kata yang sebenarnya yang dapat ditemukan dalam kamus. Anda dapat mencampur hal-hal dengan menggantikan karakter khusus untuk huruf yang sebenarnya untuk membuat password yang lebih aman. Sebagai contoh, daripada menggunakan “ikanasin”, Anda dapat menggunakan “!k4n45!n”. Kata dasar masih akan lebih mudah bagi Anda untuk ingat, tapi cracking “!k4n45!n” akan memakan waktu dan upaya signifikan, dari pada mencari kata “ikanasin”
  • Gunakan sebuah Passphrase. Beberapa password cracking tool yang canggih cukup untuk menyimpulkan substitusi karakter dengan jelas. Dengan kata lain, setelah exhausting kamus kata-kata, alat password cracking akan beralih ke kamus mencoba semua kata menggunakan substitusi karakter standar – “P3PP3r0n!” yang berarti bahkan mungkin tidak butuh waktu lama untuk ditemukan. Coba gunakan kalimat yang Anda ingat, seperti “Saya suka ikan asin bumbu extra pedas” tetapi mengambil huruf pertama dari setiap kata dan menerapkan beberapa karakter khusus. Dengan menggunakan contoh ini, password anda bisa “55!4xbp”
  • Lindungi Password Anda. Jangan berbagi password Anda. Tidak, saya tidak mengatakan berhati-hati atau menunjukkan kebijaksanaan ketika berbagi password Anda. Aku berkata PERNAH berbagi sandi Anda. Tidak ada vendor terkemuka atau situs akan pernah meminta Anda untuk memberitahukan password Anda. Mereka mungkin mengatur ulang ke default beberapa untuk tujuan pemecahan masalah, namun tak seorang pun harus menanyakan apa password anda. Kata sandi Anda pribadi dan pribadi dan hanya untuk Anda. Setiap kali seseorang meminta Anda untuk berbagi sandi Anda, pikirkan seolah-olah mereka mengatakan “pergi berdiri telanjang di tengah perempatan jalan yang ramai”. Jika Anda tidak akan bersedia untuk melakukan itu, maka tidak berbagi password anda. ( Disadur dari PC World )

Semoga bermanfaat ..

Komentar anda merupakan tolak ukur, Terimakasih sebelumnya atas komentar yang anda berikan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s