Wisata Ke Gua Gudawang dan Curug Grahong

Aku berdiri diatas kepala macan Gua Simenteng.

Pada liburan pekan ini kami (bukan kita!) berempat ( Aku, Ulo, Desta, Angga ) berniat berwisata, tapi minggu pagi masih saja bingung mau kemana, setelah di “rundingkan” akhirnya memutuskan untuk ke Gua Gudawang yang ada di Daerah Bogor Barat. Tapi kami (bukan kita!) tidak tahu jalan menuju kesana, bulan sebelumya kami (bukan kita!) juga pernah berkunjung ke Curug Rahong yang ada di sekitar Bogor Barat Juga. Ulo kebetulan punya teman yang ada di Parung Panjang – Bogor bernama Yono, dan dia tahu tempat tersebut.

Kami (bukan kita!) berempat berangkat dari BSD sekitar jam 1 ( Sehabis Sholat Dzuhur ), sampai di kontrakanYono sekitar jam 1:45, abis itu makan di dekat stasiun parung panjang..

Brangkaaaaaaaaaat……….

Gua Gudawang terletak di Kecamatan Cigudeg – Bogor, Goa ini dapat ditempuh dari Kota Bogor sekitar 30Km atau setara 1 jam perjalanan dan dapat juga di diakses dari Kota Tangerang melalui ParungPanjang dengan jarak tempuh 60Km atau 2 jam perjalanan.

Goa ini merupakan rangkaian Goa yang sangat unik dan menarik. Nama Gudawang berasal dari kata “Kuda Lawang” yang artinya buntut/ekor kuda yang di kepang. Pada kawasan ini terdapat 12 Goa, tapi hanya 3 yang sudah dikembangkan/dikelola dan dibuka untuk umum, yaitu: Goa Simenteng, Goa Simasigit dan Goa Sipahang.

Untuk dapat masuk ke kawasan Gua Gudawang kami (bukan kita!) harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- / orang dan parkir motor Rp. 2.000,- / satu sepeda motor.

Data yang saya dapatkan tentang curug Grahong kurang, sebab di Wisata Bogor Barat tak ada pembahasan tentang Curug Ini.

Yang pasti dari Gua Gudawang hanya memakan waktu ± 20 menit, memang belum ada tanda Berupa gapura atau apapun tidak seperti gua Gudawang.
Parkir kendaraan pun masih di halaman penduduk setempat dengan membayar Rp. 5.000,- / satu sepeda motor dan  tiket (yang juga dari penduduk setempat) seharga Rp. 2.000,- / orang.

Berikut ini dokumentasi kami di Gua Gudawang dan Curug Grahong

Di Kontrakan Yono..

Di Depan gua Simenteng – Kawasan Gua Gudawang

Didalam gua Simenteng

Masih Bingung stalagtit / Stalagmit?

Pinggir jalan menuju Curug Grahong

Menyebrang sungai menuju Curug

Inilah Curug Grahong, airnya dingin, berenang yuk..

Bagi anda yang mau berkunjung silahkan pasti ga rugi, tapi kalau jalan dari Tangerang lewat Prung Panjang Jalan yang dilewati rusak parah, karena jalan tiap hari dilewati truk3 besar pengangkut batu, dan juga berdebu.

Semoga bermanfaat dan selamat berwisata

13 thoughts on “Wisata Ke Gua Gudawang dan Curug Grahong

  1. wow kk wow. . . . .
    mantap kali kau bisa menjajah pulau². ekekekek teruskan perjuangan mu kaawanku, dan teruslah menjelajah dunia, kalu perlu alam ghoib sekalian mien…. biar bisa ngeliat danau di neraka, ekekekkeke
    go go go go . . . . amien darmien is the best

  2. Curug Rahong ada di Kampung Kedaung, Desa Rengas Jajar, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor. Kesana bisa lewat : 1. Tangerang – Legok – Parung Panjang – Lebak Wangi – Sidomanik – Kampung Kedaung. 2. Tangerang – BSD – Serpong – Kelapa Nunggal – Cisauk – Rumpin – Maloko – Sidomanik – Kampung Kedaung. 3. Bogor – Ciampea – Leuwiliang – Cigudeg – Gua Gedawang – Lebak Wangi – Sidomanik – Kampung Kedaung……….. Dari Kampung Kedaung bisa jalan kaki terus ke Cigudeg, lewat Curug Rahong – Desa Pabuaran – Desa Batu Jajar – Desa Rahong Tengah – Desa Pasir Ipis – Desa Penggeleseran – Desa Banyu Resmi – Cigudeg (Jalan Raya Leuwiliang – Jasinga (Hutan Karet) +/- 40 km dari Bogor)…. Dari Kedaung ke Pasir Ipis meliwati sungai, dari Pasir Ipis ke Penggeleseran jalan menanjak, Pengeleseran ke Cigudeg jalan berbatu. Perjalanan +/- 6 jam. Rute Kedaung – Cigudeg ini pertama dijalani 30 Jan 1983 oleh Harry, Waris & Iwan. Kedua 18 Sep 1983 oleh Harry, Iwan, Yanto, Nuradha, Alif, Utis, Purwanto, Abai Haki, Alm.Wahyudin, Dedi, Mujiono, Herlan, Yan, Aceng, Zaenal, Syahrul, Nurhayati, Waode Herlina. Kami dari Gudep 307-308 M. Husni Thamrin-Sarah Thamrin, Kwartir Ranting Grogol Petamburan, Kwartir Cabang Jakarta Barat……Perjalanan ini sangat mengasyikan dan cukup melelahkan, entah bagaimana keadaan medan dan situasi sekarang….

  3. Curug Rahong ada di Kampung Kedaung, Desa Rengas Jajar, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor. Kesana bisa lewat : 1. Tangerang – Legok – Parung Panjang – Lebak Wangi – Sidomanik – Kampung Kedaung. 2. Tangerang – BSD – Serpong – Kelapa Nunggal – Cisauk – Rumpin – Maloko – Sidomanik – Kampung Kedaung. 3. Bogor – Ciampea – Leuwiliang – Cigudeg – Gua Gedawang – Lebak Wangi – Sidomanik – Kampung Kedaung……….. Dari Kampung Kedaung bisa jalan kaki terus ke Cigudeg, lewat Curug Rahong – Desa Pabuaran – Desa Batu Jajar – Desa Rahong Tengah – Desa Pasir Ipis – Desa Penggeleseran – Desa Banyu Resmi – Cigudeg (Jalan Raya Leuwiliang – Jasinga (Hutan Karet) +/- 40 km dari Bogor)…. Dari Kedaung ke Pasir Ipis meliwati sungai, dari Pasir Ipis ke Penggeleseran jalan menanjak, Pengeleseran ke Cigudeg jalan berbatu. Perjalanan +/- 6 jam. Rute Kedaung – Cigudeg ini pertama dijalani 30 Jan 1983 oleh Harry, Waris & Iwan. Kedua 18 Sep 1983 oleh Harry, Iwan, Yanto, Nuradha, Alif, Utis, Purwanto, Abai Haki, Alm.Wahyudin, Dedi, Mujiono, Herlan, Yan, Aceng, Zaenal, Syahrul, Nurhayati, Waode Herlina. Kami dari Gudep 307-308 M. Husni Thamrin-Sarah Thamrin, Kwartir Ranting Grogol Petamburan, Kwartir Cabang Jakarta Barat……Perjalanan ini sangat mengasyikan dan cukup melelahkan, entah bagaimana keadaan medan dan situasi sekarang….

  4. pernah dulu tahun 2008,apa skrng masih ada ? bukankah gunung gunungnya di hancurkan tuk diabil batunya oleh perusahaan negara….

    • semoga masih ada Gua Gudawang dan Curug Grahonbg merupakan wisata adrenalin yang murah menurut saya, saya juga kurang tau persis .. saya juga berkunjung ke sana tahun 2009 ..😀

Komentar anda merupakan tolak ukur, Terimakasih sebelumnya atas komentar yang anda berikan.

